Selasa, 11 Agustus 2009

AKUNTANSI KEUANGAN

Akuntansi terdiri dari berbagai macam, bidang namun yang akan dibahas oleh penulis dalam skripsi ini hanya mengenai akuntansi keuangan. Beberapa definisi dari akuntansi keuangan adalah sebagai berikut:
Menurut Soemarso S.R (2002:18) Akuntansi Keuangan adalah: “ Bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan laporan keuangan secara berkala untuk satu unit ekonomi, secara keseluruhan kepada pihak-pihak diluar perusahaan”.
Beberapa definisi dari akuntansi keuangan adalah sebagai berikut.
Menurut Keisso, et.al, (2004, 3, Tj) Akuntansi keuangan adalah:

“Sebuah proses yang berakhir pada pembuatan laporan keuangan menyangkut perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan baik oleh pihak-pihak internal maupun eksternal. Pemakai laporan keuangan meliputi investor, kreditor, manajer, serikat pekerja, dan badan-badan pemerintah”.

Menurut Hongren et.al, (2001, 3, Tj) “ Akuntansi Keuangan adalah: “Suatu cabang dari akuntansi yang menyediakan informasi kepada orang-orang diluar perusahaan yang bukan merupakan bagian dari manajemen perusahaan sehari-hari”.
Menurut Stice, et.al, (2001,7, Tj) Akuntansi Keuangan adalah : “ Aktivitas yang berhubungan dengan perkembangan dan komunikasi informasi keuangan untuk para pemakai internal”.

Tidak ada komentar: